Tutorial Mendapat Teman Fangirl / Fanboy

Menjadi fangirl ataupun fanboy itu tidak mudah. Karena semua hal yang berbau korea-korean selalu saja dicibir, padahal saya akui lagu Korea itu kebanyakan enak didengar.

Kalau pembaca disini masih asing dengan lagu korea, tidak ada salahnya memanfaatkan koneksi internet dari kuota ataupun wi-fi yang ada untuk searching terlebih dahulu. Kita semua tahu zaman sudah berubah. Mencari informasi tentang musik oleh penyanyi luar negeri tidak sulit lagi sekarang ini. Tentunya setelah ada internet, ada google sebagai browser, dan juga search engine.

Misalnya kita ingin tahu tentang K-Pop, genre musik yang semakin booming akhir-akhir ini. Boy group dan girl group nya semakin sering mengadakan konser di negeri kita tercinta, Indonesia. Bagaimana agar kita mendapatkan informasi lebih rinci mengenai K-Pop?

Caranya mudah sekali. Kita tinggal klik saja browser yang ada di laptop, seperti Google Chrome. Pada bagian search engine, kita ketikkan saja kata "K-pop" yang ingin kita cari tahu.


Setelah menekan enter, maka akan muncul hasil searching tadi.


Muncul berbagai artikel tentang K-Pop. Di sebelah kanan juga dicantumkan definisi K-Pop dari wikipedia. Disambung oleh lagu-lagu yang booming dan juga artis yang menyanyikan. Lebih lanjut kita cari tahu siapa-siapa saja artis tersebut.


Dari PSY, Twice, hingga BLACKPINK. Saya pribadi suka banget sama GOT7.


Kalau belum dengerin lagunya, kita bisa klik salah satu video diatas. Misalnya yang berjudul "Look".


Selamat! Pembaca sekalian sekarang sudah mengenal sedikit tentang GOT7.

Nah, jika ingin tahu lebih lanjut mengenai GOT7 ataupun group lainnya, caranya sama saja. Di Youtube banyak terdapat lagu-lagu mereka beserta Music Video (MV) yang membuat kita tahu wajah dari penyanyi tersebut. Menyetel lagu mereka di Youtube akan menambah jumlah viewers, hal itu dapat membantu mereka memenangkan penghargaan. Tidak apa-apa kan membantu orang lain berkarya?

Selain itu, kita bisa menonton beberapa variety show mereka di internet. Di dalam variety show, kita bisa melihat sifat asli mereka yang belum pernah mereka tunjukkan sebelumnya diatas panggung. Biasanya, seseorang itu jadi penggemar setelah menonton variety show itu tadi. Jangan lupa follow mereka juga di sosial media.

Oke, saya anggap para pembaca sekarang sudah mengerti tentang GOT7 dan malah menjadi penggemar beratnya. Tetapi, belum selesai sampai sini. Kita juga ingin punya teman yang bisa diajak bicara tentang seputar korea-koreaan juga. Gak enak rasanya jika punya uneg-uneg, punya bahan yang mau dibahas, tapi gak ada orang yang bisa nyambung dengan bahasan kita itu.

Saya ngerti banget gimana rasanya, oleh karena itu saya membuat tutorial ini, bagaimana agar kita mendapatkan teman sesama fangirl (bagi yang cewek) dan juga fanboy (bagi yang cowok).

Ini berdasarkan pengalaman pribadi, ketika lagi gabut dan sedang suka-sukanya sama GOT7.

Kita perlu:
1. Kuota atau wi-fi
2. Rasa percaya diri
3. Syukur-syukur bisa bahasa asing minimal bahasa Inggris (Kenapa? karena biasanya yang suka K-Pop kudu bisa baca subtitle bahasa Inggris, kecuali dia orang korea asli atau rela nunggu sampai ada yang bikinin sub Indo.)
4. Kesabaran yang tinggi (karena adanya perbedaan waktu antara teman kita itu dan kita yang ada di Indonesia, mungkin disana malam sedangkan di Indo siang.)

Langkah yang harus dilakukan:
1. Buka instagram

Emang harus instagram? Iya, soalnya kebanyakan fansite ada di instagram sama twitter, tapi saya sendiri gak punya akun twitter. Kalau pembaca belum pernah punya akun instagram, download dulu ya di Play Store atau App Store.


2. Ketikkan #GOT7 (atau nama group lain)



3. Setelah muncul, cari gambar yang kamu suka, lalu cek akun fansite tersebut.





4. Lihat dari caption maupun bio dari fansite tersebut, sekiranya bisa berbicara dalam bahasa yang sama, jangan segan-segan untuk nge-dm (direct message) duluan.



5. Tunggu balasan. Disini, terkadang ada fansite yang tidak begitu aktif membalas DM. Jadi jangan langsung nyerah jika tidak direspon. Kalau kebetulan pemilik fansite tersebut ramah banget dan aktif membaca DM yang masuk, jadinya bakal menarik seperti di bawah ini. Mereka bisa nanya balik, sehingga pembicaraan gak berhenti sampai di situ saja.



6. Lanjutkan percakapan itu, go with the flow saja. Sekiranya enak diajak omong, kalian bisa lanjut ngobrol dan menjadi teman sesama fangirl / fanboy.



7. Dalam kasusku kemarin, kami ngobrol panjang lebar, sampai nanya negara asal dan saling memuji kelebihan negara asal satu sama lain.



Waktu itu, rasanya deg-degan banget saat nunggu balasan. Di saat yang sama enak rasanya punya teman ngobrol atau chatting yang nyambung banget dengan yang kita omongin. Apalagi belum saling kenal, jadi cuma bisa mereka-reka, wajah mereka itu seperti apa, berapa umurnya, sifatnya seperti apa. Sensasinya jauh beda dibandingkan saat chat dengan orang yang sudah kita kenal.

Nah, jika pembaca ingin dapat teman seperti itu, merasakan euforia yang saya rasakan, silakan ikuti tutorial diatas. Saya yakin bakal seru.

Internet memudahkan kita untuk mencari apapun yang mau kita cari tahu, juga bisa menghubungkan kita dengan orang-orang di luar sana, yang mungkin memiliki hobi dan pemikiran yang sama. Jangan takut untuk mengenal orang baru. Lebarkan lingkaran pertemanan kita, gak ada ruginya kok :)


Sekian,

Yasmine.

Comments

Popular posts from this blog

Hal yang Membuat Saya Memilih UMM

UMM Bukan Cuma Kampus Lho